Gerhana Matahari Total – Arctic – 20 Maret 2015

embracin the sun

Memanggul Matahari – Milan Cathedral – Luca Bruno/AP

 

_81788929_norway2

Svalbard – 20 March 2015

 

farhoe

Baily’s Beads seen! Solar eclipse seen from an aeroplane above Faroe Islands – BBC – 20 March 2015

Tse_2015_Svalbard_800mm_Nikon_D810-small

 apod.nasa.gov

2015_Stereographic_Magnitude

Hubungan Bumi-Bulan-Matahari memang istimewa. Tidak hanya untuk kita penghuni Bumi, tetapi memang unik di Tata Surya ini. Nampak dari Bumi, bentangan sudut atau ukuran proyeksi Bulan dan Matahari hampir sama. Ini mengakibatkan dapat terjadinya gerhana matahari total dengan piringan matahari tepat tertutup oleh bayangan umbra Bulan. Yang dihasilkan adalah gerhana matahari total dengan keanekaragaman tampakan yang indah dan kaya, dan juga amat bermanfaat secara saintifik. Sebagai gambaran pembanding: seandainya Bulan-Bumi berjarak lebih jauh, alignment Bumi-Bulan-Matahari yang sempurna “hanya” akan menghasilkan gerhana matahari cincin; sedangkan seandainya Bulan-Bumi berjarak lebih dekat, gerhana matahari total akan menutup seluruh tampilan matahari termasuk koronanya yang indah. Namun kebetulan yang sempurna ini tidak sejak awal ada, dan tidak akan selamanya ada. Bulan kita ini bergerak menjauhi Bumi dengan laju sekitar 1-2 cm per tahun.

Negara-negara maju di Eropa Utara sudah semenjak dua dekade lampau memanfaatkan energi surya untuk berbagai keperluan komunalnya. Kini pemanfaatan energi surya sudah meningkat pesat, dengan Jerman sebagai negara penuai dan pemakai energi surya terbesar. Jerman memproduksi sekitar total 40 GigaWatt, dengan lebih dari 10% kontribusi dari energi surya melalui pemanfaatan panel-panel surya. Ini semua dihasilkan dari perkembangan dalam teknologi, rekayasa, dan sains material sehingga diperoleh sel surya yang efisien dan sistem penyimpanan yang maksimal. Tentu saja kemajuan ini banyak didorong oleh semangat masyarakat, pemerintah, dan korporasi untuk memanfaatkan sumber energi bebas polusi karbon ini.

Gerhana Matahari Total di Eropa Utara ini menjadi penanda era baru dalam penyediaan dan pemanfaatan energi untuk menjalankan kehidupan berbasis teknologi. Jika langit cerah, berkurangnya cahaya matahari selama durasi gerhana di Eropa Utara akan mengurangi produksi energi surya yang dituai dari sel surya seluruh Eropa sebesar 75%. Di Jerman sendiri, prediksi penurunan tuaian energi surya adalah sebesar 200 MegaWatt per menit selama 40 menit durasi gerhana matahari. Untuk pertama kalinya dalam sejarah peradaban gerhana matahari secara langsung berdampak sedemikian besar pada pasokan energi listrik yang praktis merupakan kebutuhan primer di Eropa. Gerhana Matahari 20 Maret 2015 yang melalui Eropa ini menjadi sarana pemberian alam untuk menguji kesiapan kita dalam menghadapi tantang yang muncul dari setiap pilihan sumber energi kini dan masa datang.

 

Beberapa sumber referensi:
http://eclipse.gsfc.nasa.gov/SEgoogle/SEgoogle2001/SE2015Mar20Tgoogle.html
http://www.bbc.com/news/science-environment-31965456
http://www.bbc.com/news/live/uk-31906556
Video: http://www.bbc.com/news/science-environment-31980255

#STEAMEducation

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Gerhana Matahari Total – Arctic – 20 Maret 2015

  1. nadd ahmad says:

    Ass….
    Sy remaja pria 24thn…bln juli 2014 lalu sy pernah kejang 2 Kali krn keracunan obat Somadril..
    Skrg yg sy rasakan kok gejala2 nya mirip sperti penyakit Als yagh ??
    Sy sulit menelan bernafas dan otot berkedut hampir di semua bagian tubuh sy…
    Apakah ALS dpt dikarenakan obat2an ??
    Apakah ALS jg mempengaruhi penglihatan ?
    Soal nya penglihatan sy ada Floaters nya ( Eye Floaters)…
    Mhon jwbn nya…
    Tx be4

    • alsnstars says:

      Kami mengundang Anda untuk menghadiri Seminar ALS yang akan diadakan pada hari Sabtu 6 Juni 2015 di RS Mayapada Jakarta Selatan. Seminar ini bersifat umum dan gratis. Silakan melihat blog : alsnstars.wordpress.com untuk rincian dan pendaftaran. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s