Terimakasih

2014-09-09 16.10.51

Dengan penuh rasa syukur dan haru, saya ingin sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas semua bentuk perhatian, dukungan, doa, kemurahan hati untuk berbagi dan berkomunikasi lewat blog ini. Terimakasih juga untuk semua sahabat, handai taulan yang telah memberanikan diri diguyur air es demi awareness untuk ALS, dan juga yang mengerjakannya untuk saya pribadi.

Sejak semaraknya ice bucket challenge, jumlah pengunjung blog ini luar biasa meningkat. Saya amat berharap informasi yang tersedia di sini dapat sedikit membantu. Yang jelas, lebih banyak orang mengenal apa itu ALS. Beberapa minggu lalu saya kebetulan perlu mengurus sesuatu di sebuah kantor pemerintah. Ibu yang membantu saya di loket bertanya saya sakit apa (melihat saya sulit berjalan dan berbicara). Saya katakan ini penyakit ALS, yang tempo hari ramai dibicarakan karena ice bucket challenge. Beliau segera teringat penjelasan yang ada di media, dan mendoakan saya. Saya pikir awareness yang tercipta ini membantu kami untuk tidak harus menjelaskan dari nol (karena selalu kami pertimbangkan seberapa ingin-tahunya orang yang bertanya ini), dan untuk sang penanya, ia tidak overwhelmed dengan jawaban yang diberikan. Dan, yang luar biasa, percakapan selalu ditutup dengan doa yang amat indah dan bentuk pertolongan yang menakjubkan. Doa muncul sebagai jembatan antara ketidaktahuan dan harapan, seperti pelangi yang indah.

Sekaligus saya ingin memohon maaf sebesar-besarnya atas kelambatan saya dalam merespon semua komen yang masuk. Adik saya yang me- manage blog ini mengingatkan saya ada banyak komen begitu baik. Saya harap dalam waktu dekat dapat saya respon satu per satu.

Sekali lagi terimakasih. Kiranya Tuhan Yang Maha Pengasih melindungi dan menguatkan kita, mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur, dan mengisi hari-hari kita dengan limpahan rahmatNya. Amiin.

Sebagai penutup, saya ingin berbagi pendapat: sebaik apa pun niat dan usaha kita, sulit untuk menjadikan itu baik untuk semua. Mungkin yang penting adalah moderasi, dan selalu mengingat pihak lain. Saya berterimakasih atas semua niat dan usaha baik yang masyarakat dunia lakukan untuk ALS, terutama lewat ice bucket challenge belakangan ini, namun saya mengingat dan mendoakan juga mereka yang kekurangan air:

http://www.bbc.com/news/world-middle-east-29141302

dan masih banyak lagi yang perlu kita bantu:

http://www.bbc.com/news/magazine-29087531

Salam hangat.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s