Pendidikan STEAM (Science-Technology-Engineering-Arts-Mathematics)

banner

Press Release

Bimasena, Jakarta, Senin, 28 April 2014

Latar Belakang dan Gagasan
Berpikiran ilmiah adalah konsep yang amat luas yang meliputi cara pandang, pola pikir, nilai, sikap, terhadap suatu isu, dan juga perwujudan kombinasi berbagai kemampuan mental dan rasional yang kompleks dalam berbagai aspek.  Sejarah peradaban manusia menunjukkan bahwa bernalar atau berpikir ilmiah telah secara dinamis mendorong manusia untuk menyelidiki dan berinteraksi dengan alam secara konstruktif, yang telah menghasilkan pengetahuan tentang alam, kehidupan, dan tentang manusia sendiri, sekaligus bagaimana memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk kepentingan manusia. Kemampuan bernalar ilmiah ini penting untuk setiap orang agar dapat berpartisipasi penuh dalam pengembangkan diri dan lingkungannya, dan untuk menjamin adanya perilaku santun dalam berbangsa.
Untuk bangsa Indonesia, keterbatasan dalam bernalar ilmiah telah banyak menghambat usaha peningkatan taraf kehidupan dan dalam berkontribusi secara global. Kekurangan ini juga berakibat pada kekikukan dalam memanfaatkan kemajuan pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa sadar, rendahnya taraf berpikir ilmiah ini menjauhkan bangsa Indonesia dari cita-cita untuk menjadi bangsa yang sejahtera, bermartabat, bertanggung-jawab, dan berkehidupan cerdas.
Eksistensi berbagai program pendukung pendidikan mengindikasikan makin seriusnya kepedulian masyarakat pada masalah pendidikan dan pelbagai konflik sosial yang kita semua hadapi. Ini memberikan harapan sekaligus ide bahwa integrasi yang bijaksana dan cermat dari berbagai gagasan dan program individual yang memiliki spirit dan objektif yang sejalan, dapat mewujud sebagai suatu gerakan yang membawa momentum besar ke arah perbaikan yang menyeluruh. Upaya bersama ini melahirkan opsi-opsi solusi untuk suatu masalah tertentu yang tidak lagi hanya bermanfaat untuk kalangan terbatas dan berlaku sesaat, namun solusi yang optimal dengan meninjau seluas mungkin aspek dan untuk jangka waktu panjang. Keterbukaan pikiran, pemberdayaan rasio, kerendahan hati, sikap saling menghormati, dan perilaku yang bertanggung-jawab menjadi kunci keberhasilan gerakan pendidikan untuk bangsa Indonesia yang heterogen.
Dalam mewujudkan visinya gerakan ini berfokus untuk mendukung pendidikan STEAM (Science-Engineering-Arts-Mathematics) dan menyiapkan rangkaian program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan tidak membatasi diri pada cara pengkayaan intelektualitas konvensional seperti seminar dan diskusi, tetapi juga secara berkala menyelenggarakan aktivitas pembelajaran STEAM yang relevan dengan kehidupan sehari-hari maupun teknologi mutakhir dan seni yang halus.
Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2014 memberikan konteks yang tepat bagi rangkaian kegiatan membudayakan bernalar ilmiah, sekaligus sebagai momen strategis pengingat dan pemicu kebangkitan kesadaran masyarakat untuk berperan positif dalam proses pemilihan umum untuk lembaga legislatif dan pemerintahan periode berikutnya. Harus kita persiapkan dari sekarang agar generasi berikut dapat memanfaatkan dengan optimal demographic dividend dalam selang waktu sempit tahun 2025-2045 untuk melontarkan bangsa dan Negara Indonesia menuju kondisi sejahtera, adil, makmur, sentosa, cerdas, dan berbudi luhur.
Yayasan Ganesha 83, Institut Indonesia untuk Ekonomi Energi, Bimasena the Mines and Energy Society, Sinergi Indonesia, Yayasan Bina Bangsa Anak Indonesia, dan Lembaga Demografi FEUI bekerjasama mewujudkan gerakan tersebut dalam kegiatan pelatihan pembelajaran STEAM untuk guru dan STEAM Fest untuk sekolah.
Bentuk Kegiatan
Kegiatan 1: Workshop Guru Sekolah Menengah Pertama
Waktu: Sabtu, 2 Mei 2014, di Graha Elnusa, Jakarta, 09:00 – 16:30
Tema Workshop: Menggunakan STEAM untuk menghitung daya dukung Bumi pada kehidupan
Deskripsi singkat:
Para guru akan diajak untuk mencoba suatu cara pembelajaran STEAM yang dilakukan dengan cara mengetengahkan dahulu suatu tema besar tentang tantangan nyata untuk kehidupan di masa datang yang dipaparkan dalam film produksi BBC Horizon “How many people can live on planet Earth”. Dengan sedikit pembekalan awal, para guru diminta untuk menggunakan cara pandang dan cara kerja yang mengintegrasikan sains, matematika, dan manajemen sosial untuk mengidentifikasi dan menguraikan masalah ledakan populasi penduduk dan berbagai dampaknya. Kemudian mereka memikirkan cara penyelesaiannya, dalam modus kerja diskusi kelompok. Kemampuan berdiskusi dengan santun, cerdas, cermat, dan terfokus, dipentingkan juga. Kemampuan berbahasa harus juga diperhatikan karena dapat ditinjau sebagai salah satu tolok ukur kejernihan aliran logika dan keluasan wawasan. Modus belajar bersama ini dapat memberdayakan kemampuan bernalar guru, mengaktifkan kompetensi STEAM mereka, dan memicu kreativitas dalam mengusahakan penyelesaian suatu masalah. Minat belajar, semangat, kompetensi, dan rasa percaya diri pada para guru diharapkan meningkat; dan ini adalah kunci untuk menjadi guru yang sukses di kelas.
Peserta: Guru Sekolah Menengah Pertama.
Sebagai kegiatan pemula untuk jenis pembelajaran seperti ini, diundang 75 guru SMP yang dikenal berperan aktif dalam pembelajaran dan bersedia meneruskan ide maupun materi pembelajaran kepada forum guru yang lebih luas, sekaligus memberikan umpanbalik kepada penyelenggara workshop.
Program pasca workshop berupa penyediaan platform untuk komunikasi antara narasumber dan guru, penyediaan bahan bantu ajar, program pemantauan dan evaluasi, dan workshops lanjutan.
Narasumber: Lima ahli yang berpengalaman dalam memberikan pelatihan dalam topik STEAM, sains sosial, dan pengembangan diri dan kerjasama tim.
 Fasilitator: professionals dari berbagai bidang yang menyediakan dan memberdayakan diri untuk membantu masing-masing grup diskusi dalam menjalankan workshop

Kegiatan 2: STEAM Fest

Waktu: Sabtu, 3 Mei 2014, di Sekolah YBBAI Lengkong Wetan
Deskripsi singkat:
STEAM (Science-Technology-Engineering-Arts-Mathematics) Fest adalah ajang untuk mengekpos masyarakat pada komponen-komponen kehidupan modern dengan tujuan menggugah keingintahuan, membangun nalar logis, menata dan mengintegrasikan dengan baik pengetahuan yang dimiliki seseorang, dan mengasah kehalusan serta ketajaman nurani.
Subaktivitas I: (1 panggung  +  14 booth); pukul 09:00 – 16:30
  1. Astronomi dalam peradaban (UNAWE Indonesia, Himpunan Astronom Amatir Jakarta)
Akan dilaksanakan beberapa kegiatan pengamatan benda langit, pengenalan instrumen pengamatan tradisional, dan permainan yang membangkitkan minat terhadap fenomena dan objek astronomis
  1. Fisika & integrated science (Alexander Iskandar dan Eureka)
Beberapa fenomena fisis dalam alam dan lingkungan sehari-hari akan didemonstrasikan. Pengunjung diajak untuk ikut merasakan dan berpartisipasi dalam demo
  1. Lingkungan (Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup)
Kelompok ini menampilkan kegiatan-kegiatan menyangkut hubungan dengan biosfera, antara lain, hidroponiks, komunitas biji, permainan biodiversitas.
  1. Kimia (Hizkia Achmad, Lubna Baradja)
Kelompok ini akan mendemonstrasikan berbagai percobaan kimia yang relevan dengan proses kimiawi yang terjadi pada berbagai kegiatan sehari-hari di rumah.
  1. Sains Hayati 1 (kesehatan-medis, farmasi) (Kimia Farma):
Kimia Farma akan memberikan eksposur tentang sains dan teknologi pengobatan yang dapat membantu masyarakat untuk dapat memanfaatkan pengobatan dengan baik dan benar.
  1. Sains Hayati 2: Lulu Lusianti Fitri
Identifikasi dan analisa suara manusia dan hewan
  1. Matematika (Yudi Soeharyadi , Hendra Gunawan)
Kelompok ini menyelenggarakan berbagai permainan matematika berikut penjelasan konsep yang mendasarnya guna memantapkan pemahaman tentang berbagai  konsep dalam matematika.
  1. Permainan Komputer: Aranggi Soemardjan & Clevio Coder Camp
Demonstrasi dan latihan pembuatan program komputer untuk permainan komputer edukatif
  1. Sains dan teknologi energi (IIEE)
Kelompok ini akan menampilkan berbagai ide pembangkitan energi, terutama sumber energi yang terbarukan, yang jelas diperlukan untuk masa depan.
10. Nusantara Bertutur:
Kelompok ini menghidupkan lagi tradisi bercerita/mendongeng sebagai salah satu pengayaan seni dan imajinasi. Akan diketengahkan dongeng dari lingkungan lokal.
11. Grup Musik Bambu (Gustaff Iskandar dan Common Room)
Grup ini menunjukkan keahlian bermain musik dengan alat-alat musik dari bambu yang mereka buat sendiri. Akan diekspos pula aspek fisika dan matematika musik.
12. Tenun Baduy (Cita Tenun Indonesia)
Akan ditampilkan seperangkat peralatan tenun Baduy dan proses penenunnya. Akan diperkenalkan makna tenunan dalam tradisi Baduy dan juga berbagai bahan alami yang digunakan.
13. Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Menunjukkan bagaimana kondisi demografi Indonesia dan bagaimana mengetahuinya
14. Pameran buku/majalah: Langitselatan, Kuark, Jurnal Maritim
 Subaktivitas II: Pengamatan Langit Malam (Star Party) untuk umum: pukul 18:30 – 20:30
                Himpunan Astronom Amatir Jakarta dan UNAWE Indonesia akan menyelenggarakan Star Party (jika cuaca mengizinkan) di lokasi terbuka di halaman Sekolah YBBAI Lengkong Wetan.

******************************************************************

Foto-foto dari Desra Ghazfan:

Workshop Guru SMP:  https://db.tt/16An4KbL

STEAM Fest https://db.tt/kcxFF9dG

Foto-foto dari Yudi Soeharyadi:

https://plus.google.com/photos/109196969627308493990/albums/6010141637482734465?gpinv=AMIXal_i2_qog70EJX-YHWPfyRmpRBl_TBcHPgDmswL20oL7D1HiGvKeZ1BVav6GpxDLMwCTd2wEU_FOerWarwYLHuto3I5MxfubR8Ekvof96miQdZmqd7E&cfem=1

Foto-foto dari UNAWE Indonesia:

https://plus.google.com/photos/118267060105484765069/albums/6010235529213370257

*******************************************************************

smiley

Terimakasih banyak semuanya!

Presentation1

Artikel yang relevan: Stuff/Sains dan Pendidikan Sains

Link keren: (cita-cita muluk-muluk suatu hari STEAM Fest kita bisa seperti ini):

        http://www.worldsciencefestival.com/

Jika bisa pergi ke NYC 28 Mei-1 Juni 2014, jangan lewatkan:

      http://www.worldsciencefestival.com/category/2014-world-science-festival/programs-2014-new-york/
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s